Obyek Wisata Kota Sidoarjo

Wisata Sidoarjo

Candi Dermo Sidoarjo

Lokasi Candi Dermo berada di Dusun Dermo, Desa Candi Negoro, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, yang diperkirakan dibangun pada tahun 1535, pada jaman pemerintahan Adipati Kusen. Candi Dermo berbentuk gapura paduraksa terbuat dari bata merah dengan tinggi 13,5 m, panjang 6 m dan lebar 6 m.

Candi Dermo berada di tengah perkampungan penduduk, bersebelahan dengan kuburan. Pada kaki candi terdapat hiasan wajik, ada relief sulur-suluran antara badan dan atap candi, serta tiga buah batu, dua diantaranya di sisi timur dan satu di sisi barat dengan fragmen garuda.

Candi Pari Sidoarjo

Lokasi Candi Pari berada di tengah Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, 15 km dari Sidoarjo, 2 km dari pusat sembur lumpur Lapindo, terbuat dari bata merah, berbentuk hampir menyerupai kubus berukuran 16,86 m x 14,10 m dan tinggi 13,40 m. Di sisi barat terdapat undakan tangga menuju pintu masuk dimana tertulis tahun pembuatan candi.

Keunikan Candi Pari ada pada atap / mahkota yang memakai pola Candi Khmer / Champa, dengan ambang dan tutup gerbang terbuat dari batu andesit. Di sebelah selatan Candi Pari terdapat Candi Sumur, namun dalam keadaan rusak. Candi ini dipugar mulai 13 September 1994 dan selesai pada 1999.

Kawasan INTAKO Sidoarjo
Wisata Sidoarjo di Kecamatan Tanggulangin, 6 km dari kota Sidoarjo, yang merupakan pusat industri kerajinan kulit yang membuat dompet, koper, sepatu, tas, dll.

Kelenteng Teng Swi Bio Sidoarjo
Wisata Sidoarjo di Jl. Raya Krian 124 yang telah berumur ratusan tahun dengan Kong Co utama Kong Tek Cun Ong.

Kelenteng Tjong Hok Kiong Sidoarjo
Wisata Sidoarjo di Jl. Hang Tuah 32, yang juga telah berusia ratusan tahun dengan tuan rumah Thian Siang Seng Bo.

Kolam Pancing Sedati Sidoarjo
Wisata Sidoarjo di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati. Kalanganyar juga penghasil ikan bandeng yang gurih, udang windu, terasi, dan krupuk.

Makam Putri Ayu Sekar Dadu Sidoarjo
Wisata Sidoarjo di Dusun Kepentingan, Desa Sawoan, Kecamatan Buduran, yang konon merupakan putri Raja Minak Sembayu dari Blambangan, dan diyakini sebagai Ibunda Sunan Giri.

Masjid Agung Sidoarjo Sidoarjo
Wisata Sidoarjo di Barat Alun-Alun Kota, mulai dibangun pada 26 Suro 1825 Saka (19 Juli 1895) oleh Raden Adipati Pandji Tjondronegoro, Bupati Sidoarjo 1882-1906, makamnya ada di belakang masjid.

Museum Mpu Tantular Sidoarjo
Wisata Sidoarjo di Jl. Raya Buduran, Kecamatan Buduran, dengan berbagai koleksi arkeologi, etnografi, filologi, geologi, sejarah, keramik, senirupa dll.

Pantai Ketingan Sidoarjo
Wisata Sidoarjo di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran, dimana pejalan bisa menjelajah dengan naik perahu menyusuri Sungai Karang Gayam, dan menikmati hidangan laut.

 

Comments are closed.